Melon, Penurun Berat Badan Alami

Buah melon yang dapat kita temukan sehari-hari, punya arti penting bagi kesehatan. Zat-zat gizi yang dikandungnya, baik untuk kulit, mata, saraf dan ginjal.

Fungsi Vitamin C nya juga berkaitan dengan kologen. Kologen merupakan senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat, seperti kulit. Keberadaan kolagen dapat mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit.

Melon merah dan oranye mengandung senyawa karotenoid.  Karotenoid adalah golongan senyawa kimia organik bernutrisi yang terdapat pada pigmen alami tumbuhan dan hewan. Senyawa ini dapat melindungi sel tubuh dari radikal bebas dan juga bisa diubah menjadi vitamin A.

Jika tersedia cukup vitamin A, kulit jadi lembut dan lembab. Sering makan melon, kulit tidak akan kasar dan kering.

Kadar air melon (+ 95%) dapat meredakan panas dalam dan membersihkan ginjal dari sisa metabolisme. Air berfungsi sebagai pelarut, membantu mengatur suhu tubuh, serta memelihara bentuk serta susunan tubuh. Melon mempunyai daya diuretik (penambah pembentukan urin) yang sangat baik, sehingga dapat mencegah penyakit ginjal.

Serat pangan (serat diet) per 100 g melon 0,7 gram. Manfaat serat ini diantaranya adalah mencegah terbentuknya senyawa karsinogenik (pemicu kanker), menurunkan kolesterol, mempermudah proses buang air besar, membantu penurunan berat badan, mengontrol gula darah, sehingga bermanfaat mencegah diabetes.

Diambil dari berbagai sumber.
Iklan

One thought on “Melon, Penurun Berat Badan Alami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s