Penyembuh Alami

Berbagai tanaman dan tetumbuhan liar banyak digunakan sebagai bagian dari obat-obatan modern, karena dipercaya mempunyai khasiat yang dapat menyembuhan berbagai penyakit.

Tetapi tidak semuanya dapat digunakan untuk pengobatan, sebagian malah mempunyai racun yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, cara pengolahan dan pemakaian  yang tidak sesuai takaran juga dapat memberikan efek samping yang merusak kesehatan. Sehingga sangat diperlukan kehati-hatian.
Berikut adalah beberapa tanaman dan tetumbuhan yang berkhasiat jika diolah dan digunakan dengan benar.

Pepaya

Pepaya matang baik buat pencernaan dan juga kaya akan vitamin. Pepaya sangat baik bagi penderita sakit maag dan berbagai keluhan lambung, karena papaya memudahkan lambung mencerna makanan berprotein seperti daging, telur dan sebagainya.
Khasiat lainnya, pepaya juga dapat mengurangi cacing-cacing di dalam usus.
Caranya :
Kumpulkan 3 atau 4 sendok teh (15-20 ml) cairan putih atau getah yang terdapat pada buat papaya yang masih muda atau getah yang ada dibatang jika pohonnya dipotong. Campurkan dengan madu secukupnya, kemudian aduk dengan secangkir air panas. Setelah itu ramuan ini dapat diminum. Kalau bisa minum bersama obat pencahar.

Bulu Jagung (Rambut buah jagung)

Berkhasiat sebagai obat pembengkakan pada kaki, terutama pada ibu hamil.
Caranya :
Rebus segenggam rambut jagung dan minum 1 atau 2 gelas air rebusannya. Obat ini tidak berbahaya.

Kaktus Kardon (Pachycerius pectin-aboriginium)

Air kaktus dapat digunakan sebagai  cairan antiseptik pembersih luka. Selain itu dapat juga membantu menghentikan pendarahan pada luka. Karena cairan kaktus membuat pembuluh darah yang luka menjadi mengerut dan menutup.
Cara pemakaian :
Potong kaktus secukupnya, kemudian belah tipis-tipis dengan pisau yang bersih. Tempelkan potongan tipis ini pada luka dengan cara mengikatnya dengan kain bersih, sampai pendarahan berhenti. Setelah 2 atau 3 jam, luka dapat dibersihkan dengan air matang serta sabun.

Bunga Trompet Bidadari (Datura arborea)

Daun Trompet Bidadari dan bagian lainnya dari famili rightshade (genus Solanum) mengandung obat yang membantu meredakan kejang usus, nyeri perut dan bahkan nyeri kandung empedu.
Cara pengolahannya :
Lumatkan 1 atau 2 helai daun Trompet Bidadari ini dan rendam selama satu hari dalam air 100 ml.
 Cara pemakaian :
Minum 10 sampai 15 tetes setiap satu jam (Hanya untuk orang dewasa). Jangan melebihi takaran, karena pohon Trompet Bidadari ini sangat beracun.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s