Cara Memancarkan Kepercayaan Diri

“Aduh, gue lagi galau nih!…” “Aku lagi bete sama semua-semuanya!!!” “Sedih banget deh!, mau ngapain gak tau deh…”

Itulah sekelumit kalimat yang sering kita dengar dari teman-teman di sekitar kita. Setiap orang pasti pernah merasakan hal yang sama, tetapi reaksi masing-masing kita bisa saja berbeda. Untuk itu disini akan diulas bagaimana cara menghadapi dan mengendalikan perasaaan negatif yang sering kita temui sehari-hari. Bukan maksud mengajari, tetapi hanya sekedar berbagi. Ini bukan monolog, jadi siapa pun bisa berkomentar dan mengemukakan pendapatnya. Mari kita sama-sama berbagi, buang semua beban pikiran dan rileklah!.

Lanjutan dari strategi sukses bercinta, sebelumnya telah diuraikan bagaimana daya tarik seseorang dipancarkan dari citra diri yang positif dari orang tersebut. Sebelum dapat memancarkan kepercayaan diri (citra diri positif), kita harus memperlakukan diri sendiri dengan keramahan, toleransi dan belas kasih. Penelitian menunjukkan bahwa banyak orang yang memperlakukan dirinya lebih keras dari yang semestinya. Banyak yang menilai terlalu negatif dan terlalu keras mengkritik diri terhadap ide-idenya sendiri. Jika hal ini terjadi terus menerus akan merendahkan kepercayaan dirinya. Akibatnya, kemampuan untuk memenangkan orang yang diinginkannya akan berkurang. Jadi buanglah jauh-jauh.

Sebagai langkah awal untuk memenangkan seseorang yang diinginkan, bertekadlah untuk menghapus penghinaan terhadap diri sendiri. Mulai saat ini tidak akan merendahkan diri lagi. Berbangga dan ramahlah terhadap diri sendiri. Memang tidak ada yang sempurna, tetapi minimal kita harus bisa menghargai diri sendiri. Bagaimana membuang perasaan rendah diri jika sudah menjadi kebiasaan?

Pertama…, sadari sepenuhnya seberapa besar perasaan itu. Ingat-ingat kapan terakhir kali perasaan rendah diri itu ada. Kemudian renungkan dan coba cari alasan apa yang membuat perasaan itu timbul. Balikkan perasaan negatif itu, yaitu dengan menemukan hal hal yang positif dari dalam diri sendiri.

Kedua, sadarilah tidak ada seorang pun yang sempurna. Setiap orang mempunyai kekurangan dan itu tidak menjadikan suatu alasan untuk merasa lebih rendah dari orang lain. Kekurangan yang ada hanya untuk menegaskan bahwa kita memang seorang manusia.

Ketiga, lawanlah setiap perasaan rendah diri itu timbul, jangan pernah putus asa. Kenyataannya di dunia ini, diam-diam sebagian besar orang merasa lebih rendah dari orang lain. Jadi jangan beranggapan anda sendirian. Semakin dapat menerima diri sendiri tanpa merendahkan diri sendiri, akan semakin banyak manfaat yang didapat.

Keempat, sadari akan kelemahan-kelemahan di masa yang lalu. Jika sudah mampu mengenalinya, jadikan itu sebagai suatu kesalahan yang harus diperbaiki.

Kelima, kendalikan pola berpikir. Menuruti pikiran-pikiran yang negatif akan merusak diri sendiri. Bagaimana mengenali pikiran negatif? Dengan perasaan. Bila merasa galau, depresi, marah, bersalah, kesepian, sedih, putus asa atau gejolak emosi lainnya, itu berarti berpikiran negatif. Biasanya perasaan ini muncul di bawah sadar. Keluarkan perasaan itu, tanyai diri sendiri tentang apa yang sebenarnya dirasakan. Mengapa dan apa  yang membuat berperasaan seperti ini. Rasa perasaan dan kesan-kesan yang muncul dalam kepala memang tidak dapat dihentikan, tetapi reaksi terhadap perasaan-perasaan  itu dapat dikendalikan. Begitu ada pikiran-pikiran negatif, kurangi kekuatannya. Dengan jujur, hadapi, selidiki dan analisalah. Harus tegas dan tuntas, jika perlu tuliskan pikiran-pikiran negatif itu. Kemudian tanyai diri sendiri, apa yang bisa diubah dan apa yang tidak. Coba mengubah apa yang dapat diubah dan menerima apa yang tidak bisa diubah. Dalam prosesnya, mungkin timbul perasaan putus asa. Tetapi jangan heran, jika terjadi banyak perubahan dalam hidup, hanya dengan merubah hal-hal kecil yang dapat dikendalikan. Ini akan meningkatkan harga diri dan tentu akan memperkuat kemampuan untuk memenangkan orang lain yang anda inginkan.

Cara yang paling baik untuk meningkatkan harga diri adalah dengan menyadari hal-hal baik yang dimiliki. Setiap orang pasti punya sifat-sifat baik dan nilai-nilai positif didalam dirinya. Kenalilah, tuliskan dalam bentuk daftar.Tuliskan juga hal-hal yang menyenangkan yang dilakukan untuk orang lain. Tuliskan keterampilan dan keahlian yang dimiliki karena usaha sendiri. Kemudian berikan pujian kepada diri sendiri. Jangan heran jika daftar ini akan meningkatkan harga diri. Akan timbul perasaan lebih bangga terhadap diri sendiri dari waktu-waktu sebelumnya.

Benyamin Franklin juga melakukan hal ini untuk meningkatkan hidupnya. Jadikan daftar tumbuh ini sebagai bagian hidup anda. Tinjau dan perbaiki dari waktu ke waktu. Jika suatu saat timbul perasaan sedih, galau atau apalah. Maka tinjaulah daftar ini.Ingatlah, mengenali sifat-sifat positif dan berpikir positif akan meningkatkan citra diri. Orang lain akan menerima dan mengikuti apa yang anda tampilkan.

Demikian dululah, semoga bermanfaat, dan selanjutnya akan kita …. bersambung aja deh,….

About these ads

9 gagasan untuk “Cara Memancarkan Kepercayaan Diri

  1. ada yang ketinggalan…nice post bu apa mbak sich…achhh…gak penting…
    salam sahabat…

      • Saran…
        sudah bagus sich….
        cuma itu yang ada di widget…mypourvous.com dan tokoone.com …hati-hati jangan sampai ketahuan pihak admin wp_nya…ntar kaya punya saya…heheee…langsung dibacklist …soalnya anda pakai wordpress.com dan trafficranknya masih belum nongol…mungkin belum diperhatiin.

        Semangat slalu ya mbak…

  2. sama-sama mbak…nich saya juga lagi minta permohonan maaf ama pihak admin wp, masih nunggu dari tadi pagi belum ada balasan…mudah-mudahan bisa balik lagi kesaya, emang baru berumur 1 bulan, tapi untuk pagerank_nya sudah lumayan banyak dan bisa tampil dihalaman pertama pada saat search google…dan saya tidak mau sahabat yang saya ketahuai mengalami hal yang sama dengan saya…

    Semangat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s